Kata / Kelompok 44 KKN UMSIDA 2014 Kelompok 44 KKN UMSIDA 2014: PENANAMAN

Senin, 18 Agustus 2014

PENANAMAN


         Setelah libur hari raya selama dua minggu, kelompok kami bertemu kembali pada tanggal 5 agustus di balai desa wunut. Dalam pertemuan tersebut disepakati untuk melaksanakan program kerja yang telah disusun, dan mulai dilaksanakan kembali pada tanggal 9 agustus. Pada tanggal tersebut setiap anggota kelompok harus melaksankan tugas-tugas yang menjadi tanggung jawabnya yaitu mengambil hasil pembibitan di Ngoro Jombang, menyiapkan media tanam seperti mencari kotoran kambing sebagai kompos, membeli polybag, mencari sekam, dan menyiapkan lahan yang akan digunakan sebagai tempat penanaman.
            Anggota kelompok yang mengambil hasil pembibitan harus berangkat pagi ke Ngoro Jombang karena jarak yang ditempuh lumayan jauh yaitu sekitar 180 Km PP. Ketika tiba disana hasil pembibitan sudah sangat memuaskan, seperti hasil yang diceritakan melalui telepon selama libur hari raya oleh petani yang kami serahi pengurusan pembibitan. Anggota kelompok yang bertugas mencari kotoran kambing, memanfaatkan kotoran kambing milik warga. Begitu juga dengan sekam yang digunakan, memanfaatkan hasil dari penggilingan padi desa wunut. Jadi ada proses pemberian informasi kepada warga desa, bahwa kotoran hewan dan sekam bekas penggilingan pun bisa bermanfaat bagi diri mereka sendiri.
            Setelah semua bahan yang diperlukan sudah terkumpul maka pada hari minggu tanggal 10 agustus, kelompok kami mulai melakukan kegiatan penanaman. Langkah pertama adalah membuat media tanam dengan cara mencampur semua bahan yaitu kotoran kambing, sekam dan tanah dengan perbandingan 1:1:1. Setelah semua bahan tercampur menjadi satu, maka proses kedua adalah memindahkan media tanam tersebut ke polybag sampai terisi ¼ bagian, kemudian bibit tanaman dibuka dari media tanam asalnya dengan cara menyobek plastik yang menutupi media tanam asal dengan menggunakan tangan, tujuannya agar akar tanaman tidak terputus dan media tanam asli tidak rusak. Setelah dimasukkan, baru polybag diisi dengan media tanam sampai penuh. Setelah semua proses selesai maka proses terakhir adalah memindahkan ke rak sementara, karena rak untuk peletakan tanaman belum jadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar